Jiggajiggy's Blog

Happy Birthday Prambors

Posted on: Maret 18, 2011

Happy anniversary radio Prambors yang ke 40 tahun! Edan, ini angka yang gak sembarangan untuk sebuah radio, dimana Radio ini pun sukses nancep sebagai sebuah radio yang jadi ‘panutan hidup’ anak-anak Jakarta. Termasuk gw salah satunya. Gw bisa menjadi diri gw sekarang pun, karena dogma dari Prambors.
Gw emang gak lolos ke training pas ngelamar ke training tahun 2001, itu ambisi gw banget sebenernya bisa masuk sebagai penyiar Prambors, kenapa?

Begini ceritanya:
Ketika gw menginjak kelas 1 SD, umur gw masih 6 tahun waktu itu, bisa dibilang waktu yang belum ‘pas’ buat anak seumuran gw dengerin radio anak muda/ remaja pada waktu itu. Tapi berhubung kakak cewek pertama itu bedanya 7 tahun, nah dia lagi mateng-mateng-nya tuh masuk dunia anak Remaja. Jadi gw kelas 1 SD, kakak gw yang bernama Ka Deasy, dia duduk di kelas 1 SMP di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.
Karena daerah pergaulan sekolah doi yang dari dulu sampai sekarang HIETTTTSSS berat itu, kebawa deh apa yang lagi trend, menjadi identitas diri dia.
Untuk anak remaja, harus dengerin Prambors, karena emang leading teen radio di Jakarta. Dan Kakak gw pun mendengarkan Prambors dong, kemana pun dia pergi, dari kamar, mobil, jalan-jalan (dengan walkman SONY warna merah dan masih manual untuk cari frekuensi-nya) (ingat ini tahun 1988 😉 ). Gw dulu sebagai adek yang gak ngerti apa-apa, cuma tahu radip favorit dia ini tiap kali di mobil atau di rumah (dulu radio Cuma punya kakak gw di rumah). Nah, sepulang dia sekolah dah pasti dia akan nyetel gelombang 102.3 FM, SELALU! Gak pernah nggak! Dengan penyiarnya yang bernama Artha Bangun, Krisna Purwana dan Ida Ari Murti (wahahha…gw tau loh). Makanya jangan heran, temen-temen yang tau gw, juga tau gw pecinta lagu jadul, malah gw jatuh cinta sama musik tahun 80-an, gara-gara siapa? Gara-gara DIA (nunjuk kakak gw) dan DIA (nunjuk Prambors).

Dan tahun berganti, kakak gw makin gede, gw makin gede, radio ini tetep jadi radio panutan kita untuk didengarkan setiap hari. Makin lama makin matching aja nih radio sama jiwa gw dan kakak gw. Tiap kali kakak gw suka lagu apa di Prambors, dia pasti nyanyi dan cari liriknya di majalah HAI, GADIS, sampai buku (sampe dia punya buku yang depannya NKOTB, dan ada lirik di belakang sampul-nya, OH TUHAN!). Kakak gw juara deh racun-nya keg w.

Nah sampe akhirnya kakak gw masuk kuliah, di tetep dengerin Prambors. Karena banyak hal. Satu: Karena emang dah ‘nyetel’ banget sama dia, Dua, kantor radio Prambors deket banget sama kampus dia, Tiga: dulu bisnis radio gak sebanyak sekarang, jadi pilihan belum banyak. Nah pas kakak gw baru masuk kuliah itu, gw lagi masuk usia puber (baca: remaja), baru masuk SMP, nah gw pun tetep dibawah ketek kakak gw untuk dengerin Prambors ini, ibaratnya pas gw remaja, plek kaya gaya kakak gw dulu dengerin Prambors, kemana-mana selalu setel tuh radio (btw, bapak kita pasrah aja sama tingkah laku anaknya yang kayak gini loh, hehe)

Oke, pas gw SMP, sering dengerin Prambors dengan penyiarnya seperti: Irfan Ihsan, Angga, Becky Tumewu, Ariono Arifin, Ferdy Hasan, Fauzan Zaman. Gw dengerin mereka kok kayanya asik banget yah kerjanya, ketawa-ketawa, ngobrol sama artis, pasang lagu, didengerin sejuta umat di Jakarta! Ini salah satu kehebatan radio, yaitu theater of mind dan parasocial, dimana lu bisa membuat lu seolah-olah punya ikatan dengan si penyiar, padahal sih kagak juga, hahahah.

Dan karena imajinasi gw akan penyiar Prambors itu enak, di kelas 1 SMP, gw bilang sama kakak gw, kalau gw mau jadi penyiar-nya, dan ini terus-terusan loh. Sedih kali yah dia liat adeknya merengek pengen jadi penyiar radio Prambors, padahal dibilangin umur belum sampe buat jadi penyiar radio remaja,akhirnya kakak gw pun ngajak gw ke radio Prambors Cuma buat ngasih liat ’INI LOH PRAMBORS’. Aselik Cuma lewat doang, biar gw puas, katanya! Hahhaha…semakin gede, makin nambah umur, tetep gw dengerin radip Prambors! Tak tergantikan kalau kata KAHITNA, jiaahahhaha.

Tapi impian gw buat jadi penyiar Prambors terus nancep di top list job gw, dan akhirnya pas gw kuliah, kebetulan gw kuliah di Broadcasting UI, pas semester 3 gw denger pengumuman di Prambors, mereka cari wadyabala (sebutan buat penyiar mereka). Dengan semangat 45 gw kirim CV sebagus-bagusnya, sekreatif-sekreatifnya buat nembus, at least dipanggil aja dulu. Hell Yeah! Akhirnya lolos dan gw sukses dipanggil untuk interview, terus lolos sampe group discussion, dimana gw ketemu sama Imam Darto di grup gw.

Darto lolos, gw kagak! Hahhaha, yah puas sih seenggaknya gw bisa ngeringsek masuk, walau tahap awal, ke Radio favorit gw. Senengnya bukan main!!! Walau gagal, tapi akhirnya gw tahu Prambors dan pernah dipanggil sama radio fav gw. Itu aja!

Walau akhirnya gw gak jadi wadyabala Prambors, tapi gw bisa mewujudkan impian gw untuk jadi penyiar radio di tempat lain, dan di CV gw waktu ngelamar gw cantumin ’pernah dipanggil Prambors, gak lolos ke training’ dan selalu jadi nilai lebih buat mereka yang manggil gw buat jadi penyiarnya…woohoooo! heheheh

Akhirnya gw pernah siaran di Radio Ramako selama 3 bulan, dan dah masuk tahun ke 6 siaran di 97.5 Motion Radio. Prambors yang membuat gw bisa menghidupkan ’mimpi’ gw jadi penyiar. Thank You Prambors and Happy Birthday once again. And also thanks to my sister who influenced me with her maniac of Prambors Radio 🙂

Tinggalkan Balasan

Ola!

speak up!

  • Selamat Ulang Tahun Ibukota...the melting pot, JAKARTA.. 1 day ago
  • kenapa di negara 4 musim, season-nya selalu tepat, gak pernah maju mundur dan gak jelas menentu seperti di negara tropis??? 1 day ago
  • last day at work before holidayyyyyyyy 1 day ago
  • @seeska owalah, gue sampe 22 aja udah cranky parah 2 days ago
  • efek hawa libur dan di kantor udah gak ada kerjaan adalah gangguin pacar terusss yang masih aja serius sibuk kerja MWAHAHAHAHAHAHA 2 days ago

Blog Stats

  • 2,715 hits

Almanac

Maret 2011
S S R K J S M
« Des   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
